Earth Hour : Matikan Lampu – Unggah Fotomu!

Rabu, 10-03-2010 16:29:43 oleh: Bayu Wardhana

60 Earth Hour : Matikan Lampu

Earth Hour tahun ini akan serentak dilakukan pada tanggal 27 Maret 2010, pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat. Menurut rilis dari WWF, per 4 Maret, sudah ada 1.110 kota dari 92 negara , akan berpartisipasi dalam Earth Hour ini. Nah, apakah pembaca Wikimu mau ikutan?
Apa sih Earth Hour itu? Ini adalah gerakan mendunia dengan mematikan lampu selama 1 jam, secara bersamaan. Biasanya ini dilakukan di akhir bulan Maret, di akhir pekan pada pukul 20.30-21.30 waktu setempat. Gerakan ini dimulai dari Sidney tahun 2007 dan di Indonesia baru dimulai pada tahun 2009 lalu.
Lalu apa manfaatnya dengan mematikan lampu di Earth Hour? Pesannya jelas, hemat energi. Dengan mematikan lampu selama 1 jam , di rumah/kantor/toko dll, berarti menghemat energi yang digunakan untuk menghasilkan listrik lampu tersebut. Dan berarti mengurangi efek rumah kaca dari gas karbon yang dihasilkan pembangkit energi. Harap dimaklumi, sebagian besar listrik kita (Indonesia, bahkan dunia) masih dihasilkan dari pembakaran minyak dan batubara, sehingga gas karbon banyak terlepas ke udara – efek rumah kaca – pemanasan global.
Apa ya cukup dengan mematikan 1 jam saja, lalu besoknya kita tetap boros listrik? Tentu tidak demikian harapan dari kegiatan Earth Hour. Kegiatan ini dilakukan serempak di seluruh dunia, dengan maksud mengingatkan kita untuk selalu hemat energi. Untuk selalu ingat, setiap kemudahan yang kita peroleh mesti dibayar dengan yang lain. Istilah orang ekonomi, semua ada harganya. Dan harga dari kehidupan modern (listrik, TV, microwave, mobil, dll) adalah kerusakan lingkungan. Maka salah satu cara untuk mengurangi kerusakan lingkungan adalah dengan mengubah perilaku / gaya hidup kita yang hemat energi.
Earth Hour ini bisa dianalogikan dengan perayaan ulang tahun. Setahun sekali kita berulang tahun kan? Dan di setiap ulang tahun kita atau teman-teman selalu berucap panjang umur, semoga sehat selalu, banyak rezeki, dsbnya. Padahal hal-hal itu juga kita butuhkan setiap hari bukan? Setiap hari kita mesti bersyukur, berharap bangun di hari berikutnya, selalu sehat di hari ini , dstnya. Tetapi manusia adalah makhluk fana dan pelupa. Maka dia (manusia) membutuhkan tanda/simbol…yaitu hari ulang tahun. Agar selalu ingat, bahwa usianya makin bertambah, makin tua, sehingga makin sadar ‘rumah masa depan’ makin dekat…lalu biasanya banyak bertobat. Coba kalau tidak ada perayaan ulang tahun…mungkin tidak pernah merasa tua…
Begitu juga dengan Earth Hour. Mari kita rayakan bersama Earth Hour pada tanggal 27 Maret 2010 nanti, dengan mematikan lampu, juga peralatan lain yang tidak perlu seperti TV, radio, AC, dsbnya selama 1 jam saja , 20.30 – 21.30 waktu setempat (WIB, WITA, WIT). Sambil merasakan bagaimana bila kita sejenak lepas dari peralatan-peralatan elektrik tersebut. Dan mari juga mengucapkan komitmen untuk hari-hari berikutnya, kita akan berhemat dalam hal apa. Misalnya mematikan AC saat menjelang tidur, mematikan lampu yang tidak terpakai, mencabut charger ponsel bila sudah selesai mengisi baterei, memakai lampu energi surya, dstnya. Karena Earth Hour menjadi tidak maksimal, bila kita hanya berhemat di satu hari saja. Mesti berhemat energi setiap hari!
Untuk itulah, Wikimu mengajak teman-teman untuk berpatisipasi dalam Earth Hour ini. Di manapun teman-teman tinggal, baik itu di Semarang, Jogja, Banjarmasin, Banda Aceh, Nabire, Makasar, Jakarta, Solo, Palembang, dan kota-kota lain. Matikan Lampu dan Nikmati Malam!
Nah, Wikimu.com mengadakan parade foto Earth Hour. Caranya :
1. Kirimkan foto suasana atau kegiatanmu pada saat waktu-waktu Earth Hour (20.30 – 21.30) ke Wikimu.com (Foto Beranda).
2. Sertakan juga sekilas informasi, tentang siapa dan apa suasana/aktivitas yang nampak di foto.(jangan lupa cantumkan kotanya juga).
3. Tuliskan juga komitmenmu untuk hari-hari mendatang, akan berhemat energi dalam bentuk apa.
4. Parade foto ini meskipun menggunakan energi listrik juga (baterei ponsel/kamera), tujuannya adalah memberi inspirasi pada orang lain (lewat foto dan komitmen) agar mau ikut berhemat energi juga.
5. Setiap orang boleh mengirim foto lebih dari satu, meskipun komitmennya sama di setiap foto.
6. Kirimkan foto-fotomu sampai batas akhir 7 April 2010.
Contoh informasi/keterangan foto :
Tampak dalam foto, kami sekeluarga sedang duduk di beranda rumah. Ibu mendongeng tentang asal mula Tangkuban Perahu. Komitmen kami sekeluarga, akan mengurangi menonton TV. Pukul 18.00 – 21.00 tidak ada TV yang menyala.
Bisa jadi kegiatan teman-teman di Earth Hour akan memberi ide pada orang lain. Maka ajaklah tetangga, teman-teman, lingkungan kampung untuk berpartisipasi di Earth Hour besok 27 Maret 2010 dan unggah fotomu di Wikimu.com.
( sumber : http://www.earthhour.wwf.or.id )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s