Catatan Foto Paskah di Surabaya

Hari sabtu 30 maret 2013 seluruh umat katolik di seluruh dunia merayakan Paskah. Begitu pula disemua gereja katolik di wialayah Indonesia. Ribuan umat mengikuti perayaan paskah dalam beragam situasi. Umat diperkotaan merayakan natal tentu dalam suasana perkotaan, sama halnya umat katolik dipedalaman dalam suasana yang khas pula. Mereka merayakan paskah yang sama, dengan lagu dan doa yang sama.

Begitu pula di Surabaya, umat paroki Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya merayakan Paskah. Walaupun harus berdesakan dan tidak mendapat tempat duduk mereka bersukacita dalam doanya.  Misa di Ketedral Keuskupan Surabaya dipimpin langsung oleh Uskup Surabaya Mgrs. Vincentius  Sutikno Wisaksono. Sebagai Kepala gereja lokal yang membawahi 33 paroki yang tersebar di wilayah Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah, Uskup Surabaya memberikan berkatnya bagai semua umat dan masyarakat.

Dalam homilinya uskup menyatakan paskah sebagai tanda bagi manusia untuk berubah. Kematian dan Kebagkitan Yesus menjadi tanda bagi umat kristiani untuk beranjak dari habitus lama menuju habitus baru. Bila pada habitus lama banyak diwarnai oleh prilaku dan pikiran yang tidak sehat maka melalui paskah seharusnya semua digantikan dengan habitus terang yaitu habitus baru yang membawa kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain. Itulah makanya paskh disimbolkan oleh lilin yang membawa terang agar terang, kebaikan dan kehangatan tidak hanya untuk diri sendiri tetapi dibagikan kepada orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s