Komentar di Medsos, Manfaat dan Mudarat

Diskusi Medsos kps#NERAACADEMI. Diskusi pertama bulan Januari 2013 mengangkat tema : Komentar di Medsos, Manfaat dan Mudarat. Tema ini menarik untuk diperbincangkan, terlebih munculnya kegaduhan Istagram Ani Yudoyono. Komentar Ani pada akun Instagram mendapatkan perhatian publik. Komentar Ani ditanggapai positif dan juga negatif baik oleh pengguana Instagram ataupun pengguna media lainnya yang ikut nimbrung dalam kegaduhan tersebut.
Komentar Instagram Ani Yudoyono menjadi contoh kasus utama dalam diskusi ini. Komentar Ani Yudoyono disampaikan secara rinci oleh Felix yang telah melakukan riset kecil tentang komentar Istri Presiden RI ini. Komentar Ani menjadi contoh nyata bagaimana media sosial membawa manfaat dan mudarat bagi penggunanya. Maraknya komentar miring di akun Ani dan SBY membuat mereka gundah.
Gundah dengan banyaknya komentar miring itulah kira-kira yang membuat keluarganya menyewa pengacara khusus. Pengacara “Keluarga ” Yudoyono mendapat tugas khusus yaitu melawan komentar miring dengan langkah hukum. Langkah yang patut dalam sudut pandang kepatuhan hukum tentunya. Namun langkah ini juga mengambarkan kegamangan dan kekurangsiapan terhadap dinamika komunikasi media sosisal.
Untuk diketahui, berdasarka data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Data Webershandwick, perusahaan public relations dan pemberi layanan jasa komunikasi, untuk wilayah Indonesia ada sekitar 65 juta pengguna Facebook aktif. Sebanyak 33 juta pengguna aktif per harinya, 55 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile dalam pengaksesannya per bulan dan sekitar 28 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile per harinya. Pengguna Twitter, berdasarkan data PT Bakrie Telecom, memiliki 19,5 juta pengguna di Indonesia dari total 500 juta pengguna global. Twitter menjadi salah satu jejaring sosial paling besar di dunia sehingga mampu meraup keuntungan mencapai USD 145 juta.Selain Twitter, jejaring sosial lain yang dikenal di Indonesia adalah Path dengan jumlah pengguna 700.000 di Indonesia. Line sebesar 10 juta pengguna, Google+ 3,4 juta pengguna dan Linkedlin 1 juta pengguna.
Data diatas tentu mengambarkan kemajuan teknologi atau minimal orang Indonesia tidak gaptek lagi. Namun, Pengguna media sosial tidak hanya butuh melek teknologi tetapi membuthkan kecerdasan academik dan emosional dalam melakukan komunikasi dan interaksi. Kedua kercerdasan diatas menentukan apakah medsos bisa mendatangkan mudarat atau manfaat. Walaupun banyak dari para penguna medsos yang belum menyadari ini. Ditangan orang yang jeli dan cerdas, medsos banyak manfaatnya baik secara ekonomi, politik dan realasi sosial. Namun di pihak lain, bisa jadi sebaliknya ataupun medsos hanya menjadi sarana eksistensi semata biar tidak terkesan gagap teknologi.
Diluar perdebatan manfaat atau mudarat diatas, setiap orang memiliki hak untuk mengutakan pendapat/berkomentar di media sosial. Komentar di media sosial sepenuhnya di jamin undang-undang (UUD 45, UU No. 39 of 1999). Walaupun demikan pendapat/ komentar tersebut memilki konsekwensi ganda yaitu : Personal vs Legal dan Personal vs Sosial. Komentar juga memiliki dampak sosial lain yang disebut diferensiasi atau pengelompokan relasi maya maupun aktual pengguna. Dari pengelompokan tersebut ada yang menciptakan gelombang gerakan masa yang nyata seperti Kasus KPK, Arab Spring dan lain-lain namun ada pula yang tanpa difrensiasi atau hanya menjadi swing user, dampaknya adalah kepuasan diri. Akankah kita memanfaatkan ruang media sosial untuk perubahan sosial, tergantung seberapa bijak kita memilih, berkomentar dan berkelompok.
NERAAKADEMI, Surabaya 25 Januari 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s