POSTER WORKSHOP 2

#NERAACADEMIA , WORKSHOP MARATHON 2015, SESSION 1*

NERAACADEMIA telah melakukan kajian terhadap anggota dan simpatisan komunitas selama tahun 2014 . Kajian dilakukan dengan FGD (Focus Group Discusion), diskusi tematik, sharing dan analisis notulensi kegiatan. Kajian difokuskan pada hal-hal yang dianggap mempengaruhi anggota komunitas dalam upayanya meningkatkan kualitas hidup. Kualitas hidup adalah presepsi seseorang terhadap keadaan sesuai konteks budaya dan sistem nilai yang dianutnya, termasuk tujuan hidup, harapan dan niatnya.
Kualitas hidup menurut Jennifer J. Clinch, Deborah Dudgeeon dan Harvey Schipper (1999) antara lain terdiri dari: gejala fisik, kemampuan fungsional (aktivitas), kesejahteraan keluarga, spiritual, fungsi sosial, kepuasan terhadap pelayanan (termasuk masalah keuangan), orientasi masa depan, kehidupan seksual, fungsi dalam bekerja. Dari sembilan hal ini hasil analisa menujukan bahwa peringkat perhatian berdasarkan urutan adalah 1. Kemampuan fungsional, 2.Kesejahteraan keluarga, 3. Orientasi masa depan, 4. Fungsi sosial.
Hasil analisis menujukan dua subyek yang berpengaruh adalah 1. Kecakapan mengelolah keuangan pribadi dan bisnis, 2. Kecakapan memanfaatkan media teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung aktivitas pekerjaan, bisnis dan kegiatan sosial. Dua hal yang kemudian kami sarikan menjadi dua kemampuan yaitu : Financial Literacy /Kecakapan Keuangan dan Media Literacy/ Kecakapan ber-Media. Dua LITERACY/KECAKAPAN inilah yang akan menjadi perhatian kami agar anggota komunitas saling mendorong dan menolong dirinya untuk meningkatkan kualitas hidup.
IDE DASAR : KECAKAPAN
Literasi/literacy dalam pengertian umum adalah KECAKAPAN memahami, menganalisia dan mendekonstruksi subyek atau obyek tertentu. Kecakapan ini ditujukan agar seseorang atau komunitas sebagai pembuat dan pemakai/konsumen menjadi sadar (melek) tentang cara obyek atau subyek tersebut dikonstruksi (dibuat) dan diakses untuk tujuan yang baik. Literasi /kecakapan dalam prakteknya menyangkut tiga kemampuan dasar yaitu see, judge and act (melihat, menganalisa dan melakukan).
Financial Literacy/Kecakapan keuangan merupakan kemampuan untuk memanhami uang bekerja bagai mana seseorang mendapatkanya, mengelolahnya, dan mengambil keputusan berkaitan dengan uang. Singkatnya kecakapan keuangan adalah seperangkat keterampilan dan pengetahuan yang memampukan seseorang membuat keputusan yang efektif dengan sumber daya keuangan yang dimiliki untuk memperbaiki kualitas hidup.
Media Literacy/ Kecakapan ber-media adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pesan media. Literasi media ditujukan agar pemirsa/pembaca sebagai konsumen media (termasuk anak-anak) menjadi sadar (melek) tentang cara media ikonstruksi (dibuat) dan diakses. Sama seperti literasi yang merupakan kemampuan untuk membaca dan menulis, literasi media mengacu kepada kemampuan mengakses, menganalisis, mengevaluasi serta menciptakan semua jenis pesan media.

Dalam kenyataannya dua literasi tersebut diatas menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Gerak perubahan ekonomi dan teknologi menuntut kita beradaptasi. Salah satu parameter keberhasilan adaptasi adalah ketika seseorang atau komunitas melek/cakap berhadapan dengan subyek atau obyek kehidupan. Sebagai sebuah kemampuan/skill, kecakapan terhadap media dan keuangan dapat dipelajari atau dilatih.

*Andre Yuris -Founder NERAACADEMIA Surabaya

One thought on “#NERAACADEMIA , WORKSHOP MARATHON 2015, SESSION 1*”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s